6 Tips Memilih Jasa Arsitek Rumah

6 Tips Memilih Jasa Arsitek Rumah

Jasa arsitek rumah berperan penting dalam pembangunan dan renovasi rumah. Dari sekian banyaknya arsitek, tentu Anda butuh waktu untuk memilih satu yang tepat dan terpercaya. Enam tips ini akan membantu Anda memilih jasa kontraktor arsitek yang kredibel dan sesuai kebutuhan Anda.

Tips memilih jasa arsitek rumah

Dirangkum dari laman Antaranews, jumlah anggota aktif Ikatan Arsitek Indonesia mencapai 21.000 orang. Sementara itu, hanya 8.000 orang yang sudah melakukan sertifikasi. Data ini diambil pada tahun 2020. 

Dari sekian ribu tersebut, tentu Anda butuh strategi agar Anda mendapatkan jasa arsitek yang tepat, terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak jarang ketika memilih jasa arsitek, Anda mungkin akan mempertimbangkan hasil karya arsitek bukan? 

Lantas, apa saja tips-tips memilih jasa arsitek rumah? Yuk simak pembahasan berikut!

 

  1. Cari karyanya

jasa arsitek rumah

Untuk Anda yang mungkin kurang familier dengan dunia arsitektur, mencari jasa arsitek menjadi tantangan tersendiri. 

Namun, Anda masih bisa mengetahui gaya bangunan apa yang Anda inginkan ketika meminta bantuan pada jasa arsitek rumah. Entah itu rumah bergaya minimalis, berdesain mewah luxurious, atau kesan rustic, siapa tahu Anda sering melihatnya di media sosial atau mampir ke expo perumahan. 

Dari sinilah Anda bisa mencari karya-karya jasa arsitek rumah. Ketika Anda sudah mengetahui kebutuhannya, Anda bisa mengerucutkan pencarian karya berdasarkan nama arsiteknya. Mau mencoba? 

 

  1. Perhatikan portofolionya

Setelah mengetahui nama sang arsitek, cobalah untuk perhatikan portofolionya. Cari tahu lebih lanjut desain apa saja yang pernah dikerjakan? Bagaimana karakter desain dan gaya banguannya? Apakah jasa arsitek ini juga bekerja sama dengan jasa kontraktor? 

Cara ini membuat Anda lebih mudah memperhatikan portofolio penyedia jasa. Dengan banyak-banyak mengamati dan menganalisa seberapa laras gaya dan desain yang Anda inginkan. 

 

  1. Pilih jasa arsitek rumah yang profesional

Di samping memiliki portofolio bagus, Anda juga perlu mencari jasa arsitek rumah yang profesional. Dalam artian, sang arsitek memiliki dokumentasi, portofolio, range harga, beserta informasi yang akan sering dicari calon klien seperti situs dan media sosial. 

Artinya, jasa arsitek tersebut memiliki citra diri atau branding yang baik di mata calon klien. 

Anda juga bisa mencari jasa arsitek di situs-situs terpercaya. Utamanya ketika Anda menemukan mereka yang telah berpengalaman dan mengerjakan banyak proyek. 

 

  1. Pastikan jasa arsitek rumah sudah berpengalaman

jasa arsitek rumah berpengalamanJasa arsitek yang berpengalaman juga perlu Anda pertimbangkan. Portofolio dan branding saja tidaklah cukup. Karena banyak jasa arsitek yang menawarkan model dan harga yang hampir sama, namun bersifat bodong. 

Paling tidak, pastikan bahwa jasa arsitek rumah tersebut bersertifikasi dari Ikatan Arsitek Indonesia. Dengan begitu, Anda juga bisa mengecek kredibilitasnya. 

 

  1. Interaksi dengan beberapa arsitek

Sudah punya ide dan keinginan untuk membangun atau renovasi rumah? Sebaiknya jangan buru-buru. Cobalah untuk berinteraksi dengan beberapa jasa arsitek untuk mendapatkan second opinion

Hal ini juga dapat memberi Anda pertimbangan. Komunikasikan ide dan konsep yang Anda inginkan. Pastikan arsitek dan kontraktor memahami dan menangkap ide yang Anda maksud dan dapat memberi feedback atau umpan balik. 

Pastikan juga gaya komunikasi arsitek dan kontraktor cocok dengan Anda. Karena nantinya, Anda dan pihak jasa akan berkomunikasi secara intens. 

 

  1. Minta referensi dari orang terdekat 

Jika Anda masih ragu, Anda juga bisa meminta referensi arsitek rumah terpercaya dari orang terdekat. Siapa tahu referensi dari orang terdekat bisa memudahkan Anda untuk berinteraksi lebih dekat dengan jasa arsitek impian. 

Itulah 6 tips memilih jasa arsitek rumah. Ingin konsultasi rumah impian Anda? Hubungi jasa arsitek rumah PDA Arsitek yuk!