Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan saat Kontraktor Bangun Rumah

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan saat Kontraktor Bangun Rumah

Menggunakan jasa kontraktor bangun rumah akan mempercepat pembangunan atau renovasi Anda. Pada saat proses pembangunan berjalan dan Anda berkunjung ke lokasi proyek, apa saja yang perlu diperhatikan? 

Mari simak penjelasan berikut agar Anda memahami progres pembangunan rumah atau renovasi rumah

  1. Cek progres di lapangan dengan jangka waktu dan jadwal pekerjaan

Mengecek progres di lapangan penting dilakukan. Apabila Anda tidak menggunakan jasa arsitek, maka Anda harus mengeceknya selama dua kali dalam seminggu atau seminggu sekali dalam rentang waktu yang sama. Mengapa demikian? 

Karena, apabila Anda menggunakan jasa arsitek, pihak arsitek akan melakukan pengawasan di lapangan selama proses konstruksi berlangsung. Pihak arsitek akan melaporkan progresnya secara berkala pada Anda. 

Meskipun begitu, Anda tetap perlu melakukan pengecekan ke lapangan walaupun sudah memiliki jasa arsitek. Paling tidak, Anda berkunjung ke proyek secara on site sebanyak sekali sebulan atau dua kali sebulan. 

Sudah pesan jasa arsitek, mengapa harus tetap cek ke lapangan? Tujuan pengecekan ke lapangan adalah agar Anda dapat mengetahui progres pekerjaan setiap minggunya. Apabila kontraktor bangun rumah dapat melaksanakan pekerjaan sesuai dengan timeline (jangka waktu) atau lebih cepat, maka itu adalah hal yang bagus. 

Namun, tidak semua kontraktor bangun rumah dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai timeline. Ada juga kontraktor menyelesaikan pekerjaan lebih lambat dari timeline. Karena itu, sebaiknya Anda segera tanyakan dan diskusikan dengan pihak kontraktor mengenai masalah atau hambatan yang terjadi. 

Dengan begitu, kedua pihak, baik itu dari Anda dan jasa kontraktor, sama-sama mendapatkan solusi hingga pekerjaan selesai sesuai timeline

 

  1. Cek struktur pondasi, sloof, kolom, dan balok

Mengecek pekerjaan kontraktor bangun rumah penting dilakukan. Utamanya pada saat kontraktor mengerjakan struktur pondasi, sloof, kolom, dan balok. 

Pembangunan tersebut termasuk struktur utama untuk berdirinya bangunan agar kokoh dan tahan lama. Apa saja yang harus diperhatikan mengenai struktur pembangunannya? Berikut detailnya. 

  1. Ukuran besi yang digunakan
  2. Komposisi adukan semen, pasir, dan koral
  3. Perhitungan dimensi pondasi, sloof, kolom dan balok

Apabila pihak konsultan arsitek sudah memberikan gambar struktur, maka Anda tinggal mengecek kesesuaian antara gambar struktur dengan kenyataan yang dikerjakan di lapangan

 

  1. Perhatikan kualitas material yang digunakan

Saat Anda (owner) menunjuk kontraktor bangun rumah, maka Anda dan kontraktor akan membuat surat kontrak dan bekerja berdasarkan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Isi surat kontrak ini berisi tentang volume pekerjaan dan spesifikasi material yang digunakan. 

Nah, pada saat item-item tersebut dikerjakan, Anda dapat memantau kesamaan kualitas material yang digunakan sesuai dalam kontrak RAB. Apakah kualitasnya sama atau berbeda? Material yang baik dan berkualitas bagus akan membuat tampilan bangunan jauh lebih terlihat elegan dan berkelas. Selain itu, kualitas material bangunan juga berpengaruh terhadap kekuatan dan ketahanan rumah.

Kualitas material yang harus dicek kebagusannya selain untuk pekerjaan struktur juga untuk pekerjaan finishing. Selain kualitas material, Anda juga perlu mengecek hasil pekerjaan atau finishing-nya. Material finishing adalah hasil akhir yang akan terlihat saat bangunan sudah jadi. Dapat dikatakan, material finishing ini berpengaruh ke tampilan bangunan Anda.

 

  1. Perhatikan jumlah pekerjanya

Meskipun penggunaan jumlah pekerja menjadi wewenang kontraktor bangun rumah, tetapi anda juga dapat memantau jumlah pekerja yang dikerahkan, mulai dari tukang hingga kenek. Artinya, Anda sebagai owner juga memiliki kepentingan agar bangunan dapat selesai sesuai target yang telah disepakati di kontrak. 

Nah itulah 4 hal yang perlu Anda perhatikan saat kontraktor bangun rumah impian Anda. Jika Anda sedang mencari jasa kontraktor bangun rumah yang dapat dipercaya dan diandalkan, serahkan saja pada PDA ARSITEK. Kami telah mengerjakan lebih dari 30 proyek rumah mewah. Pesan jasa kontraktor bangun rumah di website PDA Arsitek!

Share post:

× Tanya PDA Arsitek