Perencanaan Renovasi Rumah di Jakarta

Perencanaan Renovasi Rumah di Jakarta


Perencanaan Renovasi Rumah di Jakarta

Jakarta, sebagai kota metropolitan dengan penduduk yang padat, tentunya memiliki banyak sekali rumah yang perlu direnovasi. Renovasi rumah di Jakarta dapat menjadi sebuah proyek yang cukup besar dan memakan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, merencanakan renovasi rumah dengan matang sangatlah penting.

Dalam merencanakan renovasi rumah di Jakarta, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah:

Setelah memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merencanakan renovasi rumah di Jakarta, Anda dapat memulai menyusun rencana renovasi yang meliputi jenis renovasi yang akan dilakukan, anggaran yang dibutuhkan, serta jadwal pengerjaan. Anda juga dapat berkonsultasi dengan arsitek atau kontraktor untuk mendapatkan saran dan bantuan dalam merencanakan renovasi rumah.

Perencanaan renovasi rumah di Jakarta

Perencanaan matang, hasil memuaskan.

  • Tentukan tujuan renovasi
  • Buat anggaran realistis
  • Pilih kontraktor terpercaya
  • Siapkan desain yang matang
  • Perhatikan tata letak ruang
  • Pilih material berkualitas
  • Perhatikan estetika dan fungsi
  • Sesuaikan dengan peraturan setempat
  • Perhitungkan biaya perawatan
  • Buat jadwal renovasi yang jelas

Dengan memperhatikan poin-poin penting tersebut, Anda dapat merencanakan renovasi rumah di Jakarta dengan baik dan hasil yang memuaskan.

Tentukan tujuan renovasi

Sebelum memulai merencanakan renovasi rumah, Anda perlu menentukan tujuan renovasi. Apa yang ingin Anda capai dengan merenovasi rumah? Apakah Anda ingin memperluas ruang tamu? Menambahkan kamar tidur? Atau sekadar memperbarui tampilan rumah Anda?

Tujuan renovasi akan mempengaruhi seluruh proses renovasi, mulai dari pemilihan desain hingga pemilihan material. Oleh karena itu, penting untuk menentukan tujuan renovasi dengan jelas sejak awal.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda menentukan tujuan renovasi rumah:

  • Apa saja masalah atau kekurangan dari rumah Anda saat ini?
  • Apa yang ingin Anda ubah atau perbaiki dari rumah Anda?
  • Bagaimana Anda ingin menggunakan rumah Anda setelah direnovasi?
  • Berapa anggaran yang Anda alokasikan untuk renovasi rumah?

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda akan memiliki gambaran yang lebih jelas tentang tujuan renovasi rumah Anda. Dengan demikian, Anda dapat mulai menyusun rencana renovasi yang tepat.

Dengan menentukan tujuan renovasi dengan jelas, Anda dapat memastikan bahwa hasil renovasi sesuai dengan harapan Anda dan memenuhi kebutuhan Anda.

Buat anggaran realistis

Setelah menentukan tujuan renovasi, langkah selanjutnya adalah membuat anggaran yang realistis. Anggaran renovasi rumah akan menentukan jenis dan skala renovasi yang dapat Anda lakukan.

  • Hitung biaya material

    Hitung biaya material yang dibutuhkan untuk renovasi, seperti biaya keramik, cat, kayu, dan lainnya.

  • Hitung biaya jasa pekerja

    Hitung biaya jasa pekerja yang akan merenovasi rumah Anda, seperti biaya tukang, kuli, dan arsitek.

  • Tambahkan biaya tak terduga

    Sisihkan anggaran untuk biaya tak terduga yang mungkin timbul selama proses renovasi, seperti biaya perbaikan kerusakan yang tidak terduga atau biaya tambahan untuk material.

  • Sesuaikan dengan kondisi keuangan

    Sesuaikan anggaran renovasi dengan kondisi keuangan Anda. Jangan sampai Anda memaksakan diri untuk merenovasi rumah dengan anggaran yang tidak mencukupi.

Dengan membuat anggaran yang realistis, Anda dapat menghindari pembengkakan biaya renovasi dan memastikan bahwa proyek renovasi selesai tepat waktu dan sesuai dengan budget yang telah ditetapkan.

Pilih kontraktor terpercaya

Setelah menentukan tujuan renovasi dan membuat anggaran yang realistis, langkah selanjutnya adalah memilih kontraktor terpercaya yang akan mengerjakan proyek renovasi rumah Anda.

  • Periksa reputasi kontraktor

    Periksa reputasi kontraktor dengan membaca ulasan dari klien sebelumnya atau bertanya kepada teman atau keluarga yang pernah menggunakan jasa kontraktor tersebut.

  • Pastikan kontraktor memiliki izin resmi

    Pastikan kontraktor memiliki izin resmi dari pemerintah setempat untuk melakukan pekerjaan renovasi rumah.

  • Minta beberapa referensi proyek sebelumnya

    Minta beberapa referensi proyek renovasi yang pernah dikerjakan oleh kontraktor tersebut. Anda dapat mengunjungi proyek tersebut untuk melihat langsung hasil kerja kontraktor.

  • Bandingkan harga dari beberapa kontraktor

    Bandingkan harga yang ditawarkan oleh beberapa kontraktor sebelum memilih kontraktor yang tepat. Namun, jangan hanya memilih kontraktor dengan harga termurah, pertimbangkan juga kualitas pekerjaan dan reputasi kontraktor.

Dengan memilih kontraktor yang terpercaya dan berpengalaman, Anda dapat memastikan bahwa proyek renovasi rumah Anda berjalan dengan lancar dan hasil akhir renovasi sesuai dengan harapan Anda.

Siapkan desain yang matang

Sebelum memulai renovasi, penting untuk menyiapkan desain yang matang. Desain renovasi akan menjadi panduan bagi kontraktor dalam mengerjakan proyek renovasi. Desain yang matang akan membantu memastikan bahwa hasil renovasi sesuai dengan harapan Anda.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan desain renovasi rumah:

  • Sesuaikan dengan tujuan renovasi

    Desain renovasi harus disesuaikan dengan tujuan renovasi yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Misalnya, jika tujuan renovasi adalah untuk memperluas ruang tamu, maka desain renovasi harus mencakup perubahan tata letak ruang tamu dan penambahan luas ruang tamu.

  • Pertimbangkan kondisi rumah saat ini

    Desain renovasi harus mempertimbangkan kondisi rumah saat ini. Misalnya, jika kondisi rumah saat ini tidak memungkinkan untuk dilakukan perubahan tata letak ruang, maka desain renovasi harus disesuaikan dengan kondisi tersebut.

  • Pilih desain yang sesuai dengan gaya hidup Anda

    Desain renovasi harus disesuaikan dengan gaya hidup Anda. Misalnya, jika Anda memiliki keluarga besar, maka desain renovasi harus mencakup penambahan kamar tidur dan ruang keluarga.

  • Gunakan jasa arsitek atau desainer interior

    Jika Anda tidak memiliki keahlian dalam mendesain rumah, Anda dapat menggunakan jasa arsitek atau desainer interior untuk membantu Anda menyiapkan desain renovasi. Arsitek atau desainer interior dapat membantu Anda membuat desain yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Dengan menyiapkan desain yang matang, Anda dapat memastikan bahwa hasil renovasi rumah sesuai dengan harapan Anda dan memenuhi kebutuhan Anda.

Setelah desain renovasi selesai, Anda dapat mulai mencari kontraktor yang akan mengerjakan proyek renovasi. Pastikan untuk memilih kontraktor yang terpercaya dan berpengalaman.

Perhatikan tata letak ruang

Tata letak ruang merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam merencanakan renovasi rumah. Tata letak ruang yang baik akan membuat rumah terasa lebih nyaman dan fungsional.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur tata letak ruang:

  • Pertimbangkan aktivitas yang dilakukan di setiap ruangan

    Pertimbangkan aktivitas yang dilakukan di setiap ruangan dan pastikan bahwa tata letak ruang memungkinkan aktivitas tersebut dilakukan dengan nyaman. Misalnya, ruang tamu harus cukup luas untuk menampung furnitur dan memungkinkan orang untuk bergerak dengan bebas.

  • Perhatikan hubungan antara ruang-ruang

    Perhatikan hubungan antara ruang-ruang dan pastikan bahwa ruang-ruang tersebut dapat diakses dengan mudah. Misalnya, ruang tamu harus mudah diakses dari ruang makan dan dapur.

  • Gunakan ruang secara efisien

    Gunakan ruang secara efisien dan hindari ruang yang terbuang percuma. Misalnya, Anda dapat menggunakan ruang di bawah tangga untuk membuat lemari penyimpanan.

  • Pertimbangkan pencahayaan dan ventilasi

    Pertimbangkan pencahayaan dan ventilasi di setiap ruangan. Pastikan bahwa setiap ruangan memiliki cukup cahaya alami dan udara segar. Anda dapat menggunakan jendela dan pintu untuk meningkatkan pencahayaan dan ventilasi di setiap ruangan.

Dengan memperhatikan tata letak ruang, Anda dapat membuat rumah terasa lebih nyaman dan fungsional.

Setelah menentukan tata letak ruang, Anda dapat mulai memilih material yang akan digunakan untuk renovasi. Pastikan untuk memilih material yang berkualitas baik dan sesuai dengan anggaran Anda.

Pilih material berkualitas

Setelah menentukan desain dan tata letak ruang, langkah selanjutnya adalah memilih material yang akan digunakan untuk renovasi.

  • Pilih material yang sesuai dengan anggaran

    Pilih material yang sesuai dengan anggaran yang telah Anda tetapkan. Ada banyak pilihan material dengan kualitas dan harga yang berbeda. Anda dapat berkonsultasi dengan kontraktor untuk mendapatkan rekomendasi material yang sesuai dengan anggaran Anda.

  • Pilih material yang berkualitas baik

    Pilih material yang berkualitas baik agar hasil renovasi rumah lebih awet. Material yang berkualitas baik biasanya memiliki harga yang lebih mahal, tetapi lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

  • Pilih material yang sesuai dengan desain rumah

    Pilih material yang sesuai dengan desain rumah Anda. Misalnya, jika rumah Anda bergaya minimalis, Anda dapat memilih material dengan warna-warna netral dan desain yang sederhana.

  • Pilih material yang mudah dirawat

    Pilih material yang mudah dirawat agar rumah Anda tetap terlihat bersih dan rapi. Misalnya, Anda dapat memilih lantai keramik yang mudah dibersihkan daripada lantai kayu yang membutuhkan perawatan khusus.

Dengan memilih material yang berkualitas baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda dapat memastikan bahwa hasil renovasi rumah lebih awet dan sesuai dengan harapan Anda.

Perhatikan estetika dan fungsi

Dalam merencanakan renovasi rumah, penting untuk memperhatikan estetika dan fungsi. Estetika adalah keindahan tampilan rumah, sedangkan fungsi adalah kegunaan rumah. Kedua hal ini harus seimbang agar rumah terasa nyaman dan menyenangkan untuk ditinggali.

  • Pilih desain yang sesuai dengan selera Anda

    Pilih desain rumah yang sesuai dengan selera Anda dan keluarga. Pertimbangkan gaya hidup Anda dan aktivitas yang sering dilakukan di rumah.

  • Gunakan warna-warna yang harmonis

    Gunakan warna-warna yang harmonis untuk menciptakan suasana yang nyaman di rumah. Hindari menggunakan warna-warna yang terlalu kontras atau mencolok.

  • Perhatikan pencahayaan

    Perhatikan pencahayaan di setiap ruangan. Pastikan setiap ruangan memiliki cukup cahaya alami dan cahaya buatan. Pencahayaan yang baik dapat membuat ruangan terasa lebih luas dan nyaman.

  • Pilih furnitur dan dekorasi yang fungsional

    Pilih furnitur dan dekorasi yang fungsional dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Hindari memilih furnitur dan dekorasi yang hanya好看好看 (bagus dilihat) tetapi tidak nyaman digunakan.

Dengan memperhatikan estetika dan fungsi, Anda dapat menciptakan rumah yang nyaman dan menyenangkan untuk ditinggali.

Sesuaikan dengan peraturan setempat

Sebelum memulai renovasi rumah, penting untuk menyesuaikan rencana renovasi dengan peraturan setempat. Peraturan setempat mengatur tentang berbagai hal yang berkaitan dengan renovasi rumah, seperti:

  • Ketinggian bangunan
  • Luas bangunan
  • Garis sempadan bangunan
  • Jenis bahan bangunan yang boleh digunakan
  • Prosedur pengajuan izin renovasi

Anda dapat mengetahui peraturan setempat tentang renovasi rumah dengan bertanya ke kantor kecamatan atau kelurahan setempat. Pastikan Anda mengikuti peraturan setempat agar renovasi rumah Anda tidak bermasalah di kemudian hari.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyesuaikan rencana renovasi dengan peraturan setempat:

  • Periksa ketinggian dan luas bangunan yang diperbolehkan

    Periksa ketinggian dan luas bangunan yang diperbolehkan di daerah Anda. Pastikan rencana renovasi Anda tidak melanggar peraturan tersebut.

  • Perhatikan garis sempadan bangunan

    Perhatikan garis sempadan bangunan yang ditetapkan oleh peraturan setempat. Pastikan renovasi rumah Anda tidak melewati garis sempadan tersebut.

  • Gunakan jenis bahan bangunan yang diperbolehkan

    Gunakan jenis bahan bangunan yang diperbolehkan oleh peraturan setempat. Hindari menggunakan bahan bangunan yang dilarang atau tidak memenuhi standar keamanan.

  • Ajukan izin renovasi

    Ajukan izin renovasi ke kantor kecamatan atau kelurahan setempat. Pastikan Anda melengkapi semua persyaratan yang diperlukan untuk pengajuan izin renovasi.

Dengan menyesuaikan rencana renovasi dengan peraturan setempat, Anda dapat menghindari masalah di kemudian hari dan memastikan bahwa renovasi rumah Anda berjalan lancar.

Setelah mendapatkan izin renovasi, Anda dapat memulai renovasi rumah sesuai dengan rencana yang telah Anda buat.

Perhitungkan biaya perawatan

Selain biaya renovasi, Anda juga perlu memperhitungkan biaya perawatan rumah setelah renovasi. Biaya perawatan rumah meliputi biaya kebersihan, biaya perbaikan, dan biaya penggantian material yang rusak.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memperhitungkan biaya perawatan rumah setelah renovasi:

  • Pilih material yang mudah dirawat

    Pilih material yang mudah dirawat agar biaya perawatan rumah lebih murah. Misalnya, Anda dapat memilih lantai keramik yang mudah dibersihkan daripada lantai kayu yang membutuhkan perawatan khusus.

  • Perhatikan kualitas material

    Perhatikan kualitas material yang digunakan untuk renovasi. Material yang berkualitas baik biasanya lebih awet dan tidak mudah rusak, sehingga biaya perawatan rumah lebih murah.

  • Lakukan perawatan rutin

    Lakukan perawatan rutin pada rumah Anda untuk mencegah kerusakan. Misalnya, Anda dapat membersihkan rumah secara berkala, memeriksa kondisi atap dan saluran air, serta melakukan perawatan taman secara rutin.

  • Siapkan dana untuk biaya perbaikan dan penggantian material

    Siapkan dana untuk biaya perbaikan dan penggantian material yang rusak. Meskipun Anda memilih material yang berkualitas baik dan melakukan perawatan rutin, tetap ada kemungkinan material tersebut rusak atau perlu diganti. Oleh karena itu, penting untuk menyiapkan dana untuk biaya perbaikan dan penggantian material.

Dengan memperhitungkan biaya perawatan rumah setelah renovasi, Anda dapat memastikan bahwa Anda memiliki cukup dana untuk menjaga rumah Anda tetap dalam kondisi baik.

Setelah memperhitungkan semua biaya yang diperlukan, Anda dapat memulai renovasi rumah sesuai dengan rencana yang telah Anda buat. Pastikan untuk memilih kontraktor yang terpercaya dan berpengalaman untuk memastikan bahwa renovasi rumah berjalan lancar dan hasil akhir renovasi sesuai dengan harapan Anda.

Buat jadwal renovasi yang jelas

Setelah semua persiapan selesai, langkah terakhir dalam perencanaan renovasi rumah adalah membuat jadwal renovasi yang jelas. Jadwal renovasi akan membantu Anda melacak kemajuan renovasi dan memastikan bahwa renovasi selesai tepat waktu.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat jadwal renovasi:

  • Identifikasi semua pekerjaan yang perlu dilakukan

    Identifikasi semua pekerjaan yang perlu dilakukan selama renovasi, mulai dari pembongkaran hingga finishing. Buat daftar pekerjaan dan urutkan pekerjaan tersebut berdasarkan prioritas.

  • Tentukan durasi setiap pekerjaan

    Tentukan durasi setiap pekerjaan berdasarkan perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Pertimbangkan juga faktor-faktor seperti cuaca dan ketersediaan material.

  • Buat jadwal renovasi

    Buat jadwal renovasi dengan memasukkan semua pekerjaan yang perlu dilakukan dan durasi setiap pekerjaan. Jadwal renovasi harus realistis dan dapat dicapai.

  • Pantau kemajuan renovasi

    Pantau kemajuan renovasi secara berkala untuk memastikan bahwa renovasi berjalan sesuai dengan jadwal. Jika terjadi keterlambatan, segera ambil tindakan untuk mempercepat kemajuan renovasi.

Dengan membuat jadwal renovasi yang jelas dan memantau kemajuan renovasi secara berkala, Anda dapat memastikan bahwa renovasi rumah selesai tepat waktu dan sesuai dengan harapan Anda.

Setelah renovasi selesai, Anda dapat menikmati rumah baru Anda yang lebih nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang renovasi rumah:

Question 1: Bagaimana cara menentukan tujuan renovasi rumah?
Answer 1: Untuk menentukan tujuan renovasi rumah, Anda perlu mempertimbangkan alasan mengapa Anda ingin merenovasi rumah. Apakah Anda ingin memperluas ruang tamu? Menambahkan kamar tidur? Atau sekadar memperbarui tampilan rumah Anda? Tujuan renovasi akan mempengaruhi seluruh proses renovasi, mulai dari pemilihan desain hingga pemilihan material.

Question 2: Bagaimana cara membuat anggaran renovasi rumah yang realistis?
Answer 2: Untuk membuat anggaran renovasi rumah yang realistis, Anda perlu menghitung biaya material, biaya jasa pekerja, dan biaya tak terduga. Pastikan untuk menyesuaikan anggaran dengan kondisi keuangan Anda agar tidak memaksakan diri.

Question 3: Bagaimana cara memilih kontraktor renovasi rumah yang terpercaya?
Answer 3: Untuk memilih kontraktor renovasi rumah yang terpercaya, Anda perlu memeriksa reputasi kontraktor, memastikan kontraktor memiliki izin resmi, meminta beberapa referensi proyek sebelumnya, dan membandingkan harga dari beberapa kontraktor.

Question 4: Apa saja yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan desain renovasi rumah?
Answer 4: Dalam menyiapkan desain renovasi rumah, Anda perlu menyesuaikan desain dengan tujuan renovasi, mempertimbangkan kondisi rumah saat ini, memilih desain yang sesuai dengan gaya hidup Anda, dan menggunakan jasa arsitek atau desainer interior jika diperlukan.

Question 5: Bagaimana cara memperhatikan tata letak ruang dalam renovasi rumah?
Answer 5: Dalam memperhatikan tata letak ruang dalam renovasi rumah, Anda perlu mempertimbangkan aktivitas yang dilakukan di setiap ruangan, memperhatikan hubungan antara ruang-ruang, menggunakan ruang secara efisien, dan mempertimbangkan pencahayaan dan ventilasi di setiap ruangan.

Question 6: Bagaimana cara memilih material yang berkualitas untuk renovasi rumah?
Answer 6: Untuk memilih material yang berkualitas untuk renovasi rumah, Anda perlu memilih material yang sesuai dengan anggaran, memilih material yang berkualitas baik, memilih material yang sesuai dengan desain rumah, dan memilih material yang mudah dirawat.

Question 7: Bagaimana cara memperhitungkan biaya perawatan setelah renovasi rumah?
Answer 7: Untuk memperhitungkan biaya perawatan setelah renovasi rumah, Anda perlu memilih material yang mudah dirawat, memperhatikan kualitas material, melakukan perawatan rutin, dan menyiapkan dana untuk biaya perbaikan dan penggantian material.

Closing Paragraph for FAQ:
Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda dapat merencanakan renovasi rumah dengan baik dan hasil yang memuaskan.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk merenovasi rumah:

Tips

Berikut adalah beberapa tips praktis untuk merenovasi rumah:

Tip 1: Rencanakan dengan matang
Sebelum memulai renovasi, rencanakan dengan matang apa saja yang ingin Anda renovasi, berapa anggaran yang tersedia, dan siapa kontraktor yang akan mengerjakan proyek renovasi. Perencanaan yang matang akan membantu Anda menghindari masalah dan memastikan bahwa hasil renovasi sesuai dengan harapan Anda.

Tip 2: Pilih kontraktor yang tepat
Pemilihan kontraktor yang tepat sangat penting untuk keberhasilan proyek renovasi rumah. Pastikan untuk memilih kontraktor yang memiliki reputasi baik, berpengalaman, dan memiliki izin resmi. Anda juga dapat meminta rekomendasi dari teman atau keluarga yang pernah menggunakan jasa kontraktor tersebut.

Tip 3: Gunakan material yang berkualitas
Gunakan material yang berkualitas baik untuk renovasi rumah Anda. Material yang berkualitas baik akan lebih awet dan tahan lama, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan dalam waktu dekat.

Tip 4: Perhatikan perawatan rutin
Setelah renovasi selesai, jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin pada rumah Anda. Perawatan rutin akan membantu menjaga kondisi rumah tetap baik dan mencegah kerusakan. Anda dapat melakukan perawatan rutin sendiri atau menyewa jasa profesional untuk melakukannya.

Closing Paragraph for Tips:
Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat merenovasi rumah dengan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan harapan Anda.

Dengan perencanaan yang matang, pemilihan kontraktor yang tepat, penggunaan material yang berkualitas, dan perawatan rutin, Anda dapat memastikan bahwa renovasi rumah berjalan lancar dan hasil akhir renovasi sesuai dengan harapan Anda.

Conclusion

Renovasi rumah merupakan proyek yang besar dan membutuhkan perencanaan yang matang. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dalam artikel ini, Anda dapat merencanakan renovasi rumah dengan baik dan hasil yang memuaskan.

Berikut adalah beberapa poin utama yang perlu diingat dalam merenovasi rumah:

  • Tentukan tujuan renovasi dan buat anggaran yang realistis.
  • Pilih kontraktor yang terpercaya dan berpengalaman.
  • Siapkan desain renovasi yang matang.
  • Perhatikan tata letak ruang dan pilih material yang berkualitas.
  • Perhatikan estetika dan fungsi, serta sesuaikan dengan peraturan setempat.
  • Perhitungkan biaya perawatan dan buat jadwal renovasi yang jelas.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda dapat merenovasi rumah dengan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan harapan Anda. Renovasi rumah bukan hanya akan membuat rumah Anda lebih nyaman dan sesuai dengan gaya hidup Anda, tetapi juga dapat meningkatkan nilai jual rumah Anda di kemudian hari.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang merencanakan renovasi rumah. Selamat merenovasi!


Images References :

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.

× Tanya PDA Arsitek